Stasiun kereta Api Bondowoso

Station kereta100_1176(2)

Stasiun ini sudah tidak beropersi lagi.

Bangunan yang satu ini memiliki sejarah penting bagi perjuangan Indonesia Umumnya Bondowoso Khususnya, karena dari sinilah awal perjalanan para pahlawan gugur membela bangsa dan Negara dimana mereka secara bersama-sama di masukkan dalam satu gerbong, dan mereka dikenal sebagai Pahlawan Gerbong Maut.  Hanya karena alasan ekonomi saja jalur transportasi dengan kereta Api ini tidak lagi beroperasi  di Bondowoso , saya sendiri beberapa kali menikmati perjalanan via kereta api ini dengan jurusan Panarukan (Situbondo) sebagai tujuan akhir dan dilanjutkan dengan kendaraan Bus  ke Wisata Pantai pasir putih. Meskipun tidak lagi diopersionalkan stasion ini masih cukup terawat.

Bagian dalam Statiun :

Station Kereta(Area Dalam)100_0728(2)

Station Bondowoso Tempo Doeloe :

Stasiun kereta api Bondowoso di tahun 1927-1929

Info Detail Tentang Bondowoso Bisa Anda klik DISINI.

23 Tanggapan

  1. Apakah anda punya kenangan dengan tempat ini..?

    • y dong,,,
      gw kan jug warg bws gtu….

    • dulu tahun91-93 yah smp lah sering naek dr prajekan ke panarukan, ada yg pedagang ikan yg mau dijual diprajekan, macem2 smua ada, n stasiun prajekan dulu but tmp maen layangan aduan dr mana2 rame sekali kalo hr minggu, pokokkya gk ada matiya kereta api bondowoso- panarukan lwt rmh saya di prajekan. mantaffff

    • oh tidak….

    • saya tidak mempunyai kenangan dengan stasiunnya omm, tp saya punya kenangan dengan kereta yang melewati stasiun grujugan.
      di sana ada rel simpang 2.
      disana waktu kecil saya sering membuat dari pecahan batu yang saya taruh di atas rel simpangan itu omm..
      ya lumayan lah omm bisa di buat semen mainan.. hehehehe.. :)

  2. di tahun 2001-2004 setiap ,minggu bersama anakku selalu ada di tempat itu, terus melaju ke panarukan untuk melepas penat yang terpendam selama seminggu. masih teringat para asongan menawarkan camilan, serta goyangan dari kereta dua gerbong. tapi sekarang hanya kenangan. kapan hal ini dapat kurasakan kembali.

  3. rindu sama stasiun ini…dulu waktu kecil rumah saudara ada di sebelah stasiun ini (komplek PJKA) kayanya waktu itu seneng de lari larian di stasiun ini..hahaha…semoga bisa terulang lagi…^^

  4. Sayang sayang sekali. Mengapa jalur KA panarukan kalisat ini dimatikan. Seharusnya dana kan bisa disubsidi silang dgn jalur gemuk. atau pelabuan panarukan dijadikan pelabuan resmi sebagai alternatif tanjung perak dan menggunakan jalur KA ini. Kalau sdh mati begini sulit diaktifkan lagi. bisa bisa relnya bisa hilang pelan2 dicuri. Sayang sayang.

  5. waktu kecil saya sering naik kereta bondowoso – kalisat, dan uniknya saya bisa turun di tengah sawah, karena masinisnya paman saya…sayang tidak dioperasikan karena Bondowoso termasuk kabupaten yang susah transportasi.

  6. wahhh kalo kenangan pasti ada..dl kalo sepur berhenti antri mau masuk ke stasiun plng sekolah sering numpang ke stasiun….

  7. Salam kenal.., Jadi teringat masa lalu..stasiun KA Bondowoso dulu saya sering makan nasi bungkus di situ cuma Rp. 1.000,- . Bakso Solo disebelah kanannya Stasiun dan ada sate/gule kambing Bin Salamah di depan sebelah kirinya (apa masih ada?). Saya dulu kost di jalan kenari. Mas Hadi boleh nggak saya download gambar stasiunnya..

  8. maaf mas, saya mahasiswa brawijaya malang, ingin mengambil stasiun ini sebagai objek bangunan untuk dilestarikan… mungkin ada yg bisa membantu saya untuk memberika informasi tentang stasiun ini, ataupun denah terdahulu… terima kasih ^^

  9. semoga benar dan terwujud , bhw info nya KA dari Jember – Panarukan akan diaktifkan lagi sehubungan dengan status Pelabuhan Panarukan ditingkatkan fungsinya sbg pelabuhan eksport . Mari kira tunggu sama-2 dan kita rame-2 bernostalgia naik sepur lagi .

  10. wah..berarti saya ketinggalan yah…saya masuk bondowoso 2005, udah ndak aktif lagi… denger2 sih ada wacana mau diaktifkan lagi, tapi entah kapan, lagian relnya dah banyak yang pindah ke loakan..

  11. Putra asli BONDOWOSO ..
    (Keluarga Besar Ki Ronggo)

  12. saat sma dlu banyak kenangan d stasiun ini slah satunya mengingatkan sya kepada seseorang yang saat itu sya msih sekolah sering antar dan jemput dia pulang dan datang dari xbaru,kenangan manis yang tdk mgkin terlupakan,sangat disayangkan klo stasiun ini sdah tdk beroprasi lg karena stasiun ini slah satu aset kota bondowoso

  13. mohon bapak pemerintah menghidupkan lagi jalur KA dari kalisat ke bondowoso

  14. ayo kita bersama” demo ke pt KAI untuk menghidupkan jalur kalisat bondowoso

  15. “th 96-2003 sy sering naik ka ini dr kalisat k panarukan. Asyik bgt. Smpe d tamanan makn onde2 khas tamanan. Ingin lg..”

  16. Jutaan kenangan pahit,manis, indah terpilin pusaran waktu di stasiun ini. Akankah datang putra terbaik Bondowoso untuk mengais kenangan yang semakin meredup ?

  17. Dlu tiap hr mnggu, tiap jm 06.35 q breng tmn2 mzti stand by nggu kereta dr arah kalisat-penarukan, biasax aq brlibur d penarukan yg hrga krcisx msih Rp750, dri bondwso-penarukan serux lg kami biasax ad d grbong pling blakang jd bisa leluasa mlihat pmndangn

  18. Seru abz, K.A yg brgoyang n baux gsekan roda kreta dg rel yg khas bnget yg mngantrkanq smpai d pnarukan hngga dsmbut oleh pdagang ikan asin yg mngkal ddpan stasiun, murah bnget Rp 500,- udh dpt 1 kntong plstik ikn asin (Tkran 1 jmbong plstik) seru abz…..

  19. sangat disesali stasiun terbesar di kab.bondowoso ini sudah tak bisa digunakan lagi..
    padahal dari situ dunia luar bisa masuk ke bondowoso..
    mengharukan…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: